DIES NATALIS UKM KM UK3 KE-16 Universitas Trunojoyo Madura











Dalam memperingati hut UKM KM UK3 yang ke-16, kepanitiaan DIBAK  (Dies Natalis dan Baksos) mengadakan seminar lintas agama yang sudah diadakan 3 tahun terakhir. Seminar ini terbuka untuk umum, bukan hanya pada kalangan mahasiswa-mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura namun juga kampus-kampus lain.
Pada tahun ini, seminar lintas agama yang diadakan pada: Sabtu, 05 Mei 2018 (Gedung Cakra) bertemakan: “ISA AL-MASIH PERSPEKTIF THEOLOGIS AL-QUR’AN DAN ALKITAB”. Karena diambil dari dua kitab yang berbeda, maka dasar dalam kitabpun ada. Pada Al-Qur’an diambil dalam Surat Ali Imran 3:45, Depag RI, sedangkan pada Alkitab diambil dari Injil Matius 1:20-22. Pembicara dari kedua perspektifpun diadakan untuk menjelaskan Isa Al-Masih pada kedua perpespektif, yaitu Nur Kholis Majid, S.HI, M.HI dan Joy Manik, S.Th, M.Div. Dengan Moderator Saudari Refi Bangun, mahasiswi Ilmu Hukum angkatan 2016.
Rangkaian acara selain seminar ialah makan bersama sekaligus kelompok kecil. Dimana semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Tujuannya ialah umtuk memberi kesempatan kepada peserta yang masih bingung dan masih punya pertanyaan. Mengingat dalam seminar penanya terbatas jumlahnya. Setiap kelompok di fasilitasi beberapa fasilitator untuk membantu proses didalam kelompok kecil.
Setelah kelompok kecil selesai, seluruh peserta dan panitia bersama-sama merayakan dies natalis UKM KM UK3 yang ke-16. Dengan pemotong kue dan pembagian kue kepada Ketua Umum, Ketua Pelaksana, perwakilan pembimbing dan juga perwakilan peserta Muslim dan Kristen. Dari kegiatan ini diharapkan untuk kedepannya umat beraagama harus bisa saling bertoleransi. Tidak memikirkan mayoritas ataupun minoritas. Bukan untuk menyatakan kepercayaan siapa yang paling benar namun untuk meingkatan jiwa toleransi antar umat beragama.
UKM KM UK3 juga bekerja sama dengan UKM KM IHFADZ dalam menyukseskan acara ini. Selain itu, UKM KM UK3 juga bekerja sama dengan UK Petra dalam kelompok kecil. Peserta yang diundang ialah BEM KM, DPM, Kementrian Agama BEM KM, dan juga seluruh UKM yang ada pada tingkat Universitas.
            Selain acara seminar lintas agama, kepanitiaan DIBAK  (Dies Natalis dan Baksos) dalam memeriahkan Dies Natalis, UKM KM UK3 juga mengadakan Bakti Sosial yang diadakan di Yayasan Al-Ikhlas Panti Asuhan Anak Yatim Gili Timur, Kamal, Bangkalan. Yang diadakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2018, bertemakan: “Hidup Dalam Kasih Allah” (1 Yohanes 4:7). Bakti Sosial ini merupakan serangkain acara yang dilakukan panitia DIBAK daam memperingati Dies Natalis UKM KM UK3 ke-16.
Bakti sosial ini diadakan bersama dengan kurang lebih 35 anak yatim dan 15 orang panitia. Kegiatan yang diadakan yaitu belajar bersama, bernyanyi dan juga makan bersama sekaligus pemberian bingkisan dan santunan. Diharpkan dari kegiatan ini, UKM KM UK3 dapat belajar berbagi terhadap sesama tanpa mengenal keyakininan yang dianut. Dengan berbagi Kasih Allah  kepada anak-anak yang tidak memiliki orang tua yang lengkap dapat menambah sukacita.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi Misi Unit Kerohanian Krsiten (UK3) Universitas Trunojoyo Madura

Persekutuan PD Senin 29 Mei 2017

Pandangan Alkitab Mengenai Fenomena Ghosting Relationship - PD Senin, 5 April 2021